Ayo Tanam Pohon KLHK Sediakan Bibit Gratis

844

Depok, Indonesiaweekly – Salah satu program Kementrian Lingkungan Hidup dan Kebersihan (KLHK) yang dilaksanakan oleh Ditjen PDASHL melalui BPDASHL Citarum Ciliwung ialah pendistribusian bibit produktif atau bibit pohon buah, dimana program ini merupakan bagian dari upaya Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL), serta memicu minat masyarakat untuk menanam pohon lebih banyak lagi.

Persemian Permanen Cimanggis, di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Jatijajar, Tapos diserbu antusias warga Kota Depok. Hal ini terjadi lantaran UPT Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Citarum-Ciliwung, selaku pengelola Persemian Permanen Cimanggis, memberikan bibit tanaman di sana secara gratis kepada Warga Depok. (Jum’at, 3/7/2020)

Mandor Produksi Persemian Permanen Cimanggis, Kang Anton menjelaskan, sebenarnya program bibit gratis bagi rakyat ini sudah sejak lama dijalankan. Namun, sepertinya masyarakat baru mengetahui beberapa hari belakangan saja setelah adanya unggahan di media sosial yang kemudian menjadi viral.

“Kita memang dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah lama mengadakan bibit gratis ini.” ungkapnya.

Kang Anton menambahkan,  pihaknya cukup terkejut ketika Persemian Permanen Cimannggis tiba-tiba diserbu warga yang ingin mendapatkan bibit gratis. Padahal menurutnya, seluruh Unit Pelayanan Teknis yang ada di seluruh provinsi di Indonesia juga menjalankan program yang sama selama ini. Namun, yang jadi patokan ketersediaan lahan untuk menanam bibit tersebut.

Untuk porsi bibit yang disalurkan sendiri, dia mengatakan, saat ini dibatasi per orang maksimal hanya diperbolehkan mengambil 25 bibit yang terdiri dari 5 bibit buah dan 20 bibit tanaman kayu.

“Kami batasi pemberian bibitnya agar warga yang lain juga bisa kebagian, program bibit gratis sudah dilakukan sejak akhir 2010 diresmikan oleh mantan Wakil Presiden Ke 11 Bapak Boediono dan di bawah Ditjen Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). Setiap tahunnya ada 1 juta bibit yang dihasilkan dan disalurkan,” imbuhnya.

BACA JUGA :  LSM KPMP Dukung Penuh Paslon Pradi-Afifah

Lebih lanjut Kang Anton menyampaikan, jika ingin mendapatkan bibit secara gratis silahkan datang ke tempat persemaian permanen Cimanggis dan mengisi data.

Pengunjung dari Jakarta, Hilmi dan Imam mengungkapkan, pembagian bibit ini bisa lebih dari 25 bibit pohon secara gratis, serta di wilayah jakarta ditanami pohon buah buahan serta pembagian bibit gratis ini. (Ary Jr)