Komunitas Depok Berbudaya Gelar Lomba Melukis

446

Depok, indonesiaweekly.co.id | Hari ini Komunitas Bocah Depok Berbudaya menyelenggarakan kegiatan lomba melukis dengan tema “Cagar Budaya Kota Depok” yang dilaksanakan di Sumur Bandung, Jl. Sumur Bandung RT 07 RW 11 No.28 Kecamatan Cipayung, Kota Depok. sabtu (27/09/20).

Saat ditemui awak media, Agus R Purnama selaku Ketua Panitia pelaksana lomba lukis menyampaikan, Hari ini terselenggara lomba lukis Cagar Budaya Kota Depok yang dilaksanakan oleh panitia yang merupakan komunitas Kota Depok Berbudaya.

“Pada hari ini lomba lukis cagar budaya Depok kita ingin menginventarisir para pelukis Depok yang biasanya berkiprah di luar Depok banyaklah yang di Jakarta sementara di Depok sendiri belum ada tempat khusus untuk berkumpulnya para seniman terutama pelukis, sehingga kami mengajukan ke Pemerintah Kota Depok dalam hal ini mungkin Disporyata Depok dan Komisi C yang membawahi seni untuk terbentuknya Rumah Seni Depok (Rusendok) di mana tempat untuk berkumpul berkarya dan berkiprahnya para pelaku seni di kota Depok,” tutur Agus

Pada kesempatan ini pun kami ingin mengangkat bahwa di Depok sangat banyak cagar budaya yang saat ini sudah beberapa di pelihara dilindungi oleh pemerintah kota Depok.

“Kami mengumpulkan foto sampai 100 lebih yang diserahkan kepada pemerintah kota Depok untuk mungkin untuk disertifikasi diteliti oleh para arkeolog budayawan sejarawan dan lain sebagainya sehingga dinyatakan bahwa tempat tersebut merupakan cagar budaya. Kami sebagai masyarakat hanya menunjukkan, melaporkan adapun yang mensertifikasi dalam hal ini barangkali Disporyata pemerintah Kota Depok, dan peserta hari ini telah terkumpul 45 pelukis, kita menyiapkan 100 cat lukis, 100 kanvas untuk 100 peserta Namun karena masih masa pandemi sehingga pihak pemerintah dan gugus tugas meminta untuk separuhnya sehingga pada hari ini terkumpul 45 pelukis yang mengikuti lomba lukis Cagar Budaya Kota Depok,” jelasnya.

Agus menambahkan, Kami penyelenggaraan kegiatan ini di taman Sumur Bandung, ini juga salah satu cagar budaya yang sudah ditetapkan di sini bisa lihat ada sumur Bandung banyak orang juga datang ke sini untuk sekedar mandi dan ini sudah jadi tempat umum untuk untuk berekreasi. Ini namanya Taman Sumur Bandung di bawah pembinaan Bapak Hamzah SM

“Harapannya pertama mungkin pemerintah bisa membantu mendorong para pelukis Depok untuk berkarya di Depok dengan adanya rumah seni Depok. Jadi kalau orang Depok bagusnya berkarya di Depok membangun Kota Depok, kedua mendorong untuk timbulnya rumah seni Depok ya terserah lah nanti ada griya seni atau apakah yang diberikan oleh pemerintah yang penting di mana para pelaku seni bisa berkumpul berkarya dan berkomunikasi disitu, ketiga kami berencana membuat lembaga perlindungan dan pemeliharaan cagar budaya,” pungkasnya.

Ragil salah satu peserta lomba lukis mengaku senang dengan adanya kegiatan seperti ini

“Saya sangat senang sekali bisa bertemu taman, silaturahim karena jarang sekali ada event seperti ini,” ujar ragil

Harapan saya mudah-mudahan bisa memotivasi anak-anak muda generasi penerus

“Semoga seniman di Depok lebih bisa diperhatikan oleh pemerintah setempat, dengan menyediakan wadah dan kegiatan seperti ini diadakan setahun tiga kali supaya teman-teman seniman bisa menampilkan karyanya di Kota Depok,” pungkasnya.(Rina)