Satnarkoba Polresta Depok Gagalkan Peredaran Narkoba jenis Sabu sebanyak 302 Kg

249

Depok, indonesiaweekly.co.id | Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Dr. Mohammad Fadil Imran, M.Si. mengapresiasi pengungkapan narkoba oleh Polres Depok ini.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya untuk Kapolres Depok dan Satuan Reserse Narkoba Polres Depok yang telah mengungkap kasus narkoba yang spektakuler, jumlahnya cukup fantastis ada, 258 kg sabu,” jelas Kapolda Metro Jaya di Polresta Depok, Jl Margonda Raya, Depok, Selasa (09/02/2021).

Kapolda menjelaskan awalnya menangkap 6 tersangka dari 5 laporan polisi dengan barang bukti 25 gram sabu. Dari penangkapan itu kemudian berkembang hingga akhirnya mengungkap jaringan yang lebih besar.

 

“Ini membuktikan bahwa ketika kita bekerja dengan serius dan bersungguh-sungguh, pengungkapan kasus besar bisa dimulai dari pengungkapan kasus kecil. Dari pengembangan 5 laporan tersebut, kemudian tim Reserse Narkoba Polres Depok melakukan pengembangan ke Kota Padang dan berhasil mengembangkan dengan menangkap 1 orang tersangka dan 1 orang msh DPO, berhasil disita 44 kg sabu,” ucap Kapolda.

 

Tak cukup sampai situ saja, Satuan Narkoba Polresta Depok kemudian menangkap jaringan pelaku di atasnya. Pada 1 Februari 2021, tim kemudian menangkap 3 tersangka lainnya di Pekanbaru, Riau. Tiga tersangka lainnya DPO dan saat ini masih dikembangkan dan dilakukan pengejaran.

 

Dari ketiga tersangka itu, berhasil menyita 258 Kg sabu. Dalam kesempatan yang sama, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes. Pol. Drs. Yusri Yunus mengatakan bahwa para tersangka terkait dengan jaringan internasional. Sabu tersebut dikirim dari China yang disamarkan dalam kemasan teh.

 

“Modus operandi yang dilakukan adalah menyamarkan dalam bentuk teh. Ini adalah biasanya dari Malaysia, China kemudian Malaysia dan ini adalah jaringan internasional yang masuk ke Indonesia, baik itu melalui pelabuhan-pelabuhan yang ada, pelabuhan-pelabuhan tikus biasanya melalui Pekanbaru dari Malaysia. Malaysia-Pekanbaru tuh sangat dekat, kemudian sampai ke Indonesia baru lewat darat, gitu,” kata Kabid Humas.(Rin)

BACA JUGA :  Polda Metro Jaya Bersama PMI Hasilkan 273 Kantong Darah

Sumber : Divisi Humas Polri