Selenggarakan HLUN ke-25 dengan Tema Lansia Bahagia Bersama Keluarga

78

Bekasi, indonesiaweekly.co.id | Pada Sabtu pagi, Kementerian Sosial (Kemensos) RI menyelenggarakan acara Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-25 dengan mengangkat tema “Lansia Bahagia Bersama Keluarga” berlangsung di Balai Lanjut Usia Budhi Dharma, Bekasi. Acara berlangsung secara Luring dan Daring dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah.(29/05/2021).

Peringatan HLUN ke -25 merupakan salah satu bentuk penghargaan dan penghormatan atas pengabdian dan kearifan yang telah mereka berikan bagi keluarga, masyarakat dan negara.

Selain itu, peringatan HLUN bertujuan untuk membangun kesadaran generasi muda dalam mempersiapkan periode lanjut usia, serta sebagai upaya mengajak masyarakat agar lebih memiliki rasa peduli dan menghormati kepada orang yang lebih tua.

Peringatan HLUN di Indonesia dicanangkan secara resmi pada 29 Mei 1996. Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1998, lanjut usia adalah seseorang yang telah berusia 60 tahun keatas.

Sebagaimana tercantum dalam pasal 5, lanjut usia diberikan hak untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Hal ini sejalan dengan adanya peringatan HLUN yang merupakan bagian hadirnya negara dan masyarakat dalam upaya pemenuhan hak-hak lanjut usia.

Dalam kesempatan ini, Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI, Harry Hikmat mengajak kepada kita semua terutama dari keluarga dan lingkungan masyarakat sekitar untuk saling membantu, memberikan dukungan dan perhatian kepada sesama khususnya kepada para lanjut usia, dengan menciptakan lingkungan yang ramah sehingga mereka nyaman menjalani kehidupannya.

“Sebaiknya kita semua memberikan dukungan dan perhatian kepada para lanjut usia. Menciptakan lingkungan yang ramah dan nyaman bagi lansia,” kata Harry Hikmat di Balai Lanjut Usia Budhi Dharma, Bekasi.

Lebih lanjut Harry mengatakan sebagai bentuk “Negara HADIR untuk Lanjut Usia”, Kementerian Sosial melakukan upaya-upaya untuk memberikan perhatian khusus pada lanjut usia sebagai kelompok rentan dengan adanya bantuan-bantuan sosial.

BACA JUGA :  Lantik Pejabat Eselon II dan Fungsional, Mensos Ingatkan Jajarannya Hadir di Tengah Masyarakat Terdampak Krisis

“Bantuan sosial yang dilaksanakan untuk meringankan beban lanjut usia dimasa pandemi di antaranya adalah makanan siap saji, bantuan paket sembako, paket sembako presiden, Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Refocusing Internal, dan Bantuan Reguler (PROGRES-LU),” ungkap Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI, Harry Hikmat.

Pada kegiatan acara Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-25 juga digelar talkshow “Lansia Bahagia Bersama Keluarga” di Area Agrowisata Lansia di Balai Lanjut Usia Budhi Dharma, Bekasi dengan menghadirkan narasumber Rektor Universitas Respati Indonesia (URINDO Kampus Pertama Ramah Lansia) Prof. Dr. Tri Budi W. Rahardjo dan Perwakilan penerima manfaat Balai Lanjut Usia Budhi Dharma Bekasi, Ratna Sari.

Sumber : Biro Hubungan Masyarakat
Kementerian Sosial RI