Meriahkan HUT RI, Satgas Yonif Mekanis 403 Gelar Baksos Kesehatan Gratis di Perbatasan

63

Jakarta, indonesiaweekly.co.id | Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-76 tahun 2021, Poskoki Yuruf Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan gratis dan kegiatan bhakti sosial berupa pemberian sembako kepada warga di Kampung Akarinda, Distrik Yaffi, Kabupaten Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar, S.E., M.Si., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Selasa, (17/8/2021).

Dansatgas mengungkapkan, Kegiatan Bhakti Sosial dan Pelayanan kesehatan yang dilaksanakan tersebut bertujuan untuk mendekatkan prajurit Satgas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista kepada masyarakat, termasuk juga memberikan perhatian khusus kepada seluruh warga yang berada di Kampung Akarinda yang notabenenya kampung ini berada paling dekat dengan perbatasan Negara RI-PNG dan untuk menuju kampung Akarinda hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri hutan-hutan yang berada di Papua.

“Kami berharap, dengan kedatangan personel satgas kami permasalahan tentang kesehatan atau kesulitan masyarakat kampung Akarinda dapat terbantu dengan adanya kegiatan Bhakti Sosial berupa pembagian sembako dan Pelayanan Kesehatan yang dilaksanakan dan digagas oleh personel Poskoki Yuruf ini,” ucap Dansatgas.

Dalam gelar pelayanan kesehatan yang bekerja sama dengan Puskesmas Distrik Yaffi dan Tim Adventure Off-road Jayapura tersebut, masyarakat diberikan jenis layanan kesehatan berupa check up atau pemeriksaan kesehatan fisik kepada warga, pemberian vitamin, pemberian obat gratis hingga pembagian makanan bergizi untuk warga kampung Akarinda.

“Tujuan utama dari kegiatan yang dilakukan pada bhakti sosial kesehatan ini adalah mengatasi keluhan kesehatan masyarakat yang dominan, seperti masyarakat yang mengalami sakit malaria, nyeri pada bagian sendi dan penyakit kulit yang disertai gatal-gatal sedangkan kepada anak-anak kebanyakan mengalami batuk pilek serta perlu tambahan makanan bergizi,” ujarnya

BACA JUGA :  Kasdam XVII/Cenderawasih : Melalui Kurban, Momentum Tingkatkan Ketaqwaan di Masa Pendemi Covid- 19

Di tempat terpisah, Ketua Adat Kampung Akarinda Theo (53) mengucapkan terima kasihnya kepada Prajurit Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Poskoki Yuruf yang sudah banyak membantu masyarakat wilayah perbatasan khususnya Kampung Akarinda dalam memberikan pelayanan kesehatan dan sembako. Selain itu juga mengajak masyarakat bersama-sama bersinergitas dalam menjaga keamanan di wilayah perbatasan RI-PNG.

“Mewakili warga, kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Satgas TNI. Dan sebagai tokoh masyarakat kami sangat menyambut gembira dan senang atas semua perhatian dan bantuan kepada warga kampung kami,” pungkasnya. (Dispenad)