Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru dan Kepsek, PNJ Gelar Pelatihan Menulis Karya Ilmiah

0
18

IndonesiaWeekly, Depok – Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) menggandeng KLP (Kantor Layanan Pendidikan) Kecamatan Cibinong melatih Kepala Sekolah dan guru SD (Sekolah Dasar) menulis karya ilmiah unggulan. Pelatihan ini digelar di Aula KLP Kecamatan Cibinong, sebagai pelaksana darma pengabdian kepada masyarakat oleh kelompok dosen PNJ. (Senin, 7/10/2019)

Tim fasilitator PNJ, Dr. Drs. Supriatnoko, M.Hum. mengatakan pelatihan karya menulis ilmiah unggulan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan menulis dan sebagai pemberdayaan masyarakat pendidik di SD dalam upaya menguatkan kepala sekolah dan guru yang unggul dalam rangka meningkatkan daya saing di wilayah Kabupaten Bogor. Ia menjelaskan pelatihan ini sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Bogor untuk memiliki kepala sekolah dan guru SD yang mampu menulis karya ilmiah sehingga profesionalitas guru tercermin pula dari kemampuannya dalam menghasilkan karya ilmiah unggulan.

“Pelatihan menulis karya ilmiah unggulan merupakan strategi untuk membantu kepala sekolah dan guru SD yang siap mengikuti lomba guru berprestasi yang saya ketahui diadakan setiap tahun baik lingkup Kabupaten, Provinsi maupun tingkat Nasional.” ungkap dosen PNJ yang menjadi ketua pelaksana kegiatan pengabdian yang juga di beri amanah sebagai Sekretaris program Pascasarjana PNJ.

Sebagai wujud dari darma pengabdian kepada masyarakat, seluruh peserta mendapatkan bekal ilmu membuat karya ilmiah, memahami konsep dan teknik menulis karya ilmiah, dan praktik mengungkapkan gagasan melalui bahasa Indonesia ragam ilmu. Peseta pelatihan mendapat akomodasi dan tidak di pungut biaya. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari melalui praktik dan bimbingan, sedangakan proses pendampingan monitoring dan evaluasi dilaksanakan selama tiga bulan terhitung sejak selesai pelatihan untuk membantu guru menghasilkan satu karya ilmiah unggulan yang siap dikompetisikan dan dipublikasikan.

Sementra Koordinator KLP Kecamatan Cibinong, Dra. Hj. Popon Sulistyawati sangat mengapresiasi pelaksanaan pengabdian dari PNJ untuk Kepala Sekolah dan guru SD di Kecamatan Cibinong.

“Pelatihan semacam ini sangat langka dilakukan oleh perguruan tinggi padahal ilmunya sangat dibutuhkan untuk memberi penguatan kepada kepala sekolah dan guru, menumbuhkan rasa percaya diri bahwa merekapun mampu membuat karya ilmiah unggulan.” tuturnya bersemangat.

“Kami senang dan berterima kasih kepada PNJ kepala sekolah dan guru guru kami mendapat penguatan mengenai pelatihan menulis karya ilmiah unggulan karena yang dihadapi para kepala sekolah dan guru, selama ini adalah penawaran ikut lomba guru berprestasi yang salah satu syaratnya yaitu mengirim karya ilmiah unggulan jadi pelatihan ini cocok banget.” pungkasnya.

“Kami berharap disamping penulisan karya ilmiah dan metodologi penelitian, PNJ dapat melanjutkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Cibinong untuk memberi penguatan mengenai TI kepada kepala sekolah dan guru juga mengenai upaya pemberdayaan anak berkebutuhan khusus.” begitu harapannya.
(Ary Jr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here