Ketua RW 21 : Potongan Dana Bansos Dibagikan untuk Pengurus RW

405

Depok, indonesiaweekly.co.id | Beberapa waktu lalu sempat ramai terkait adanya pemotongan bansos tunai yang dilakukan oknum Ketua RW 21 Kel. Bakti Jaya, Kec. Sukmajaya, Depok.

Beberapa warga mengaku mendapat potongan saat menerima bansos tunai sebesar Rp.50.000 dan berita nya sudah dimuat di salah satu media harian cetak di Depok.

Mendapat informasi tersebut Camat Sukmajaya, Tito Ahmad Riyadi lansung memerintahkan Lurah Bakti Jaya untuk mengecek kebenaran hal tersebut.

“Saya akan mengecek ke Pak Lurah apakah hal tersebut benar tidaknya. Kami sudah menyampaikan terkait Bansos ini jangan sampai ada pemotongan, harusnya prosesnya lebih mudah pasalnya bantuan ini baik dari pihak Pos Indonesia langsung berhubungan dengan masyarakat,” ujar Tito. Senin (18/01/2021) usai pelaksanaan Musrenbang di Kel. Tirtajaya.

Tito juga menjelaskan, pihaknya minta kepada Lurah untuk menindaklanjuti hal tersebut.

“Kami sudah perintahkan Pak Lurah terkait hal ini. Harusnya penyaluran Bansos ini tidak ada celah melakukan pemotongan karena pihak yang ditunjuk untuk membagikan berhubungan langsung dengan warga penerima Bansos,” jelasnya.

Terpisah, Lurah Bakti Jaya, R. Iwan Herukusuma mengaku sudah memanggil dan mendengar  penjelasan dari oknum Ketua RW 21.

“Saya sudah memanggil yang bersangkutan dan dia (Ketua RW 21) berdalih meminta bantuan tersebut untuk warga yang tidak mendapatkan Bansos,” tutur Iwan saat ditemui awak media di Kantor Kelurahan.

Lebih lanjut, pihak juga sudah melaksanakan arahan dari Camat Sukmajaya terkait Bansos jangan sampai ada pemotongan.

“Kami sudah lakukan himbauan kepada seluruh RW baik melalui grup WA maupun secara langsung terkait Bansos jangan sampai ada pemotongan apapun alasannya,” tegasnya.

Hal berbeda justru disampaikan Didi selaku Ketua RW 021 Kel. Bakti Jaya mengaku apa yang dirinya lakukan tersebut untuk para pengurus dilingkungannya.

“Terkait pendistribusian uang yang 300 memang disini, ini adalah purna tugas pengurus RT kami memiliki langkah strategis selama 10 bulan mengurus Bansos tidak menerima apa-apa. Nah bagaimana saya bisa menjembatani agar mereka bisa menikmati rasa Bansos tersebut.

Maka saya menghimbau kepada warga agar dapat berbagi kepada pengurus

“Dana yang terkumpul kami distribusikan kepada RT dan yang kerja disini, dapatnya berapa ya itu yang kita bagi. Saya tujuannya hanya berbagi kepada pengurus kami yang ada dilingkungan RW 021, saya tidak memaksa warga untuk memberikan sumbangan tersebut,” pungkasnya.

Sebelumnya warga penerima Bansos tunai di wilayah RW 021 Kel. Bakti Jaya Kec. Sukmajaya, Depok mengeluhkan adanya pemotongan dana Bansos seusai diserahkan pihak Pos Indonesia.(Rina)

Sumber : Reportaseindonesia.id